METODE PENENTUAN JENIS KELAMIN

            Setiap organisme yang melakukan perkembang biakan secara generative memiliki jenis kelamin yang berbeda sebagai alat reproduksinya. Jenis kelamin ada dua macam, yaitu jantan dan betina.
            Penentuan jenis kelamin ditentukan oleh kromosom kelamin yang diturunkan dari kedua parentalnya atau induknya. Berikut ini merupakan metode-metode penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup.

a.    Metode XY, merupakan cara penentuan jenis kelamin yang umum pada hewan dan manusia. Kromosom Y biasanya lebih kecil dan jumlahnya lebih sedikit. Manusia memiliki 46 kromosom (23 pasang kromosom) yang terdiri dari 22 pasang kromosom tubuh dan 1 pasang kromosom kelamin. Pria memiliki sepasang kromosom seks yang diberi simbol XY, sedangkan perempuan diberi simbol XX.
b.    Metode ZW, terdapat pada burung, kupu-kupu, ngengat dan bebrapa jenis ikan. Misalnya pada ayam, jantan memiliki kromosom kelaim ZZ sedangkan pada betina memiliki kromosom ZW.
 
c.    Metode XO, sel gamet yang dihasilkan jantan ada dua yaitu X dan O ( tanpa kromosom kelamin). Sehingga penentuan jenis kelaminnya adalah hewan jantan XO dan betina XX.

   Demikianlah metode penentuan jenis kelamin pada organisme, semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment

Cari